Kamis, 28 Januari 2010

Prodi Ekonomi Syariah FEUI Ditargetkan Dibuka Tahun Ajaran 2010/2011




JAKARTA--Lembaga keuangan syariah yang terus berkembang membutuhkan jumlah SDM yang cukup banyak dan berkualitas. Kini banyak lembaga pendidikan pun berusaha untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut, seperti Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang kini sedang dalam proses membentuk program studi S1 ekonomi syariah.


Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Firmanzah, mengatakan tim perumus program studi ekonomi syariah FEUI kini masih dalam proses menyusun segala persiapan yang dibutuhkan, mulai dari kurikulum, penyiapan tenaga pengajar dan buku ajaran. Agar terjadi link and match dengan kebutuhan industri keuangan syariah, kata Firmanzah, pihaknya pun akan mempererat kerjasama dengan praktisi lembaga keuangan syariah. “Kita ingin praktisi juga mengajar dan membuka kesempatan magang lebih besar bagi mahasiswa. Untuk link and match dengan industri kurikulum pun kita buat bersama dengan asosiasi lembaga keuangan syariah dan para praktisi,” kata Firmanzah kepada Republika, Kamis (28/1).

Untuk memenuhi kebutuhan SDM bagi BMT, pihaknya pun membuka diri jika memang ada calon mahasiswa yang berminat. Program studi S1 ekonomi syariah FEUI pun diharapkan dapat diluncurkan pada tahun ajaran baru 2010/2011. Firmanzah mengatakan untuk mendukung peningkatan kualitas lulusan SDM ekonomi syariah FEUI nantinya, sejumlah fasilitas pun akan turut dikembangkan seperti penyediaan laboratorium syariah.

Pada Mei 2009 lalu Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I, Bambang Sudibyo telah menyetujui pembukaan Prodi Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Ikatan Ahli Ekonomi Islam pun telah menyusun draft kurikulum ekonomi Islam bagi program D3, S1, dan S2 yang telah diajukan ke Kementerian Pendidikan Nasional sebagai acuan kurikulum.

Red: taqi Reporter: yogie Kompas.com

2 komentar:

  1. saya berminat kuliah s1 ekonomi syariah ui,apa sdh dibuka tahun ajaran 2010/2011 ?.Bagaimana cara mendaftarnya ?
    terima ksh

    Fadhilah Akbari

    BalasHapus
  2. MAU BANGEEEEEEEEEEEET. HARUS ADA

    BalasHapus