Jumat, 15 Januari 2010

Sulit Cari SDI Syariah

Jakarta, (14/01). Minimnya sumber daya insani (SDI) hingga kini masih dirasakan lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan syariah. Untuk mencari SDI yang berkualitas di bidang keuangan dan syariah masih cukup sulit. Sementara, tahun 2010 akan bertambah lagi setidaknya empat bank syariah baru.





Ki-Kan: Riawan Amin dan Syafii Antonio





Menurut M Syafii Antonio, pakar ekonomi syariah, saat acara Human Resources Syariah Summit 2010 yang diadakan oleh Republika, Rabu (13/01), bahwa untuk meningkatkan kualitas SDI syariah diperlukan peningkatan sarana standar dalam pendidikan tinggi. Misalnya, adanya kurikulum yang sesuai, staf pengajar yang kompeten dan berkualitas dan minimal berjenjang pendidikan S2.

Sedangkan menurut A Riawan Amin, Ketua Umum Asbisindo, memberikan pelatihan syariah bagi SDI perbankan relatif mudah, tapi untuk memiliki SDI yang mempunyai attitude syariah cukup sulit. Dalam industry syariah SDI dituntut tidak hanya sekedar tahu tentang syariah tapi juga harus diterapkan dalam perilakunya sesuai dengan syariah.

 “Keuangan syariah merupakan industry berbasis spiritual. Oleh karena itu, perlu SDI yang berprilaku sesuai syariah,” ujar Riawan.

Sama halnya dengan Riawan Amin, Syafi’I Antonio pun mengatakan bahwa untuk menciptakan SDI syariah yang berkualitas diperlukan pengetahuan, keahlian dan juga perilaku syariah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar