Jumat, 05 Maret 2010

Bank Victoria Syariah Orientasikan Bisnis Ritail UKM

Jakarta, (05/03). Setelah mengantongi izin dari Bank Indonesia (BI) untuk beroperasi pada tanggal 1 April 2010, Bank Victoria Syariah akan berorientasi pada pengembangan bisnis ritail di Usaha Kecil dan Menengah. Hal ini didasari dengan peluang dan pengembangan perbankan syariah kedepan dalam mengembangkan bisnis di Indonesia. 

Demikian pernyataan Direktur Utama Bank Victoria Syariah, Sari Wijayanti bersama wartawan di Jakarta, ketika dikonfirmasi terkait dengan persiapan operasional  bank syariahnya. 

Bagi Sari Wijayanti bisnis ritail UKM memiliki karakteristik tersendiri daripada korporasi dan selain itu dalam bisnis ritail UKM bisa mempercepat pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK). “Inilah yang mendasari kami untuk mengawali mengoperasikan bank Victoria Syariah. 

Selain itu pengembangan UKM sejalan dengan peran perbankan syariah dalam mendorong sektor riil di masyarakat dan berbagai program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Hingga kini banyak kemitraan yang diberikan lembaga lain pada perbankan terkait dengan pengembangan UKM. Peluang tersebut yang ingin dimanfaatkan oleh Bank Victoria Syariah dalam mengoperasikan perbankan syariahnya. 

Kemudian terkait dengan ijin operasional, Sari menambahkan bahwa izin operasional BI telah keluar pada 10 Februari lalu setelah setelah macam persyaratan-persyaratan lain dipenuhi oleh bank Victoria Syariah. Dengan keluarnya izin tersebut, bank Victoria Syariah hanya memiliki waktu dua bulan untuk mempersiapkan diri. 

Untuk mengoperasikan bank syariah, Bank Victoria Syariah dalam tahap awal hanya memiliki modal modal Rp 110 miliar dan aset sebesar Rp 200 miliar.  Bank hasil konversi Bank Swaguna tersebut, menargetkan aset Rp 350 miliar, pembiayaan Rp 185 miliar dan dana pihak ketiga Rp 150 miliar.

Sementara Deputi DPbs BI, Mulya E Siregar dalam keterangannya mengatakan, bahwa beroperasinya Bank Victoria Syariah akan menambah pengembangan baru dalam industri perbankan syariah di Indonesia, dengan demikian sudah ada 7 bank umum syariah (BUS) seperti BMI, BSM, BMS, BRISyariah, Bukopin Syariah, Panin Syariah dan Victoria Syariah. 

“Ditahun ini akan muncul lagi bank-bank baru syariah seperti Bank Jabar Banten, BCA dan BNI dengan demikian masyarakat akan dihadapkan banyak pilihan adanya perbankan syariah,”ujarnya. (Agus Y www.pkesinteraktif.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar