Jumat, 12 Maret 2010

BCA Syariah Raih Izin Operasional


JAKARTA - BCA Syariah telah mendapatkan izin operasional dari Bank Indonesia. Namun pihak bank tersebut belum menentukan waktu operasionalnya.Direktur Utama BCA Syariah, Yana Rosiana, mengatakan pihaknya telah menerima izin operasional dari BI pada 2 Maret lalu. "Namun, saat ini kita masih koordinasi dengan beberapa direktorat "terkait di BI. Belum ada penetapan kapan operasionalnya," kata Yana kepada Republika, Senin (8/3).


Kendati demikian, ia menegaskan pihaknya memiliki waktu hingga 60 hari untuk segera beroperasi. Saat ini langkah yang akan dilakukan, tambahnya, adalah segera melakukan konversi nasabah Bank UIB ke BCA Syariah.Sebagaimana diketahui, BCA Syariah adalah hasil konversi dari Bank UIB yang diakuisisi oleh BCA menjadi BCA Syariah. Yana menuturkan, paling tidak sebelum akhir Juni atau pada semester satu ini, BCA Syariah akan segera beroperasi."Kita punya target aset di tahun pertama tapi belum fixed. Namun untuk kantor cabang dan SDM kita sudah siap," ujar Yana. Meski demikian, ia masih enggan mengungkapkan target dan fokus BCA Syariah ke depannya.


Yana pun mengatakan bahwa dengan hadirnya sejumlah bank syariah baru yang lahir berbarengan dengan BCA Syariah, tak membuat pihaknya gentar. Bank syariah yang telah ada dan munculnya beberapa bank umum syariah (BUS) baru justru akan menambah semangat persaingan dengan BCA Syariah."Pemain tambah banyak, malah bagus untuk persaingan dan membuat kita tambah semangat," ujar Yana.Untuk mendukung layanan kepada nasabahnya, tambah Yana, BCA Syariah pun akan didukung oleh layanan milik BCA, seperti jaringan ATM yang luas.


Pada awal operasionalnya, BCA Syariah memiliki modal Rp 200 miliar. Untuk di tahap awal BCA Syariah memiliki 11 kantor, terdiri dari lima kantor cabang utama, tiga kantor cabang pembantu dan tiga unit layanan syariah.Kantor cabang utama BCA Syariah dipersiapkan berada di Jatinegara, Sunter, Samanhudi, Mangga Dua (Jakarta) dan Surabaya. Sementara kantor cabang pembantu berada di Pasar Kenari, Bekasi,dan Kelapa Gading dan unit layanan syariah di Darmo Surabaya, Tanah Abang, dan Depok.Secara berturut-turut setelah Bank Victoria Syariah mendapat izin operasional dari BI pada Februari lalu, kini giliran BCA Syariah. Saat ini tinggal Bank Jabar Banten Syariah dan BNI Syariah yang sedang menunggu izin operasional.


Direktur Direktorat Perbankan Syariah BI, Ramzi A Zuhdi mengatakan BCA Syariah telah memperoleh izin operasional pada awal bulan ini dan dapat segera beroperasi.Berdasar statistik publikasi BI per Januari 2010, aset perbankan syariah mencapai Rp 67,4 triliun dengan dana pihak ketiga sebesar Rp 53,1 triliun dan pembiayaan Rp 47,1 triliun.Dengan keluarnya izin operasional BCA Syariah, maka jumlah BUS di Indonesia telah mencapai delapan buah. Tujuh BUS lainnya meliputi Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, Bank Syariah Bukopin, BRI Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Victoria Syariah. ed yeyen ros

Tidak ada komentar:

Posting Komentar