Selasa, 01 Juni 2010

PROGRES TAZKIA GELAR SEMINAR SERIES II


  Progres, kelompok studiekonomi Islam milik STEI TAZKIA menggelar seminar 3 bulanannya pada hari Ahad 23 Mei 2010, yang dinamakan Seminar Series. Seminar ini yang merupakan gelaran kedua Seminar Series dari KSEI Progres ini, mengambil tema Mau Dibawa KeMana Perbankan Syariah ???. Acara yang mempertemukan tiga pembicara yang memiliki andil masing-masing, Ali Sakti sebagai regulator di Direktorat Perbankan Syariah BI, Iman Sugema sebagai pengamat perbankan Syariah dari ASBISINDO, dan Muhammad Usman sebagai praktisi langsung yang merupakan kepala cabang BNI Syariah Bogor.
Tampil sebagai pembicara  pertama, ImanSugema langsung mempertanyakan hakekat riba sendiri yang merupakan pembeda antara perbankan syariah dan konvensional. Ditambah lagi fakta mengenai kondisi SDM perbankan syariah yang belum mencukupi layaknya perkembangan bank syariah .
Kemudian giliran Muhammad Usman sebagai praktisi langsung memberikan paparannya tentang perkembangan perbankan syariah saat ini. Beliau menyoroti masalah SDM perbankan syariah baik dari karyawan maupun nasabah sendiri dan akad-akad transaksi perbankan yang butuh perbaikan lagi. “Masih banyak muallaf-muallaf dalam perbankan syariah yang butuh pendalaman dan penjelasan mengenai perbankan syariah sendiri.”
Sebagai pembicara terakhir, Ali Sakti memberikan gambaran mengenai ekonomi Islam yang muncul bukan lantaran krisis, melainkan ekonomi Islam merupakan sebuah sistem yang harus diaplikasikan sejak dahulu kala. Selanjutnya beliau memberikan argumennya, “Sebelum menanyakan tentang mau dibawa ke mana perbankan syariah, seharusnya SDM Syariah dulu harus dibenahi dan diperbanyak. Tidak lupa beliau memotivasi para mujahid ekonomi Islam yang dating pada seminar ini.


Seminar yang juga dihadiri peserta dari Universitas Indonesia, Gunadharma,  STEI SEBI, UIN Jakarta, UNIDA dan lainnya ini juga memberikan door prize tabungan BTN Syariah sebesar  250.000 rupiah kepada 3 peserta, dan gratis langganan 3 bulan majalah Sharing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar