Rabu, 02 Juni 2010

UUS BNI Resmi Beroperasi Sebagai BUS

Jakarta, (02/06). Unit Usaha Syariah bank BNI telah resmi mendapatkan izin operasional sebagai bank umum syariah (BUS) dari Bank Indonesia. Tercatat sejak mulai tanggal 21 Mei 2010 izin operasional Bank BNI syariah telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Demikian disampaikan oleh  Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia (DPbS-BI), Mulya E. Siregar disela-sela Seminar Indonesia-UK: Sharing Experiences in Developing Islamic Finance yang diadakan di Menara Sjafruddin, Bank Indonesia, Senin (31/5). “Izin operasionalnya (BNI Syariah) sudah keluar dari 21 Mei yang lalu,” jawabnya saat ditanya wartawan.

Rizqullah, Direktur Utama BNI Syariah, saat dikonfirmasi, mengiyakan bahwa izin operasional sudah diterima dari BI, sehingga BNI Syariah kini dapat beroperasi sebagai BUS. Rencananya, menurut Rizqullah, BUS BNI syariah akan di launching pada 18 Juni 2010.

Sejak bulan Februari 2010, izin prinsip BNI Syariah telah diterima dari BI dan mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM pada 25 Maret 2010.

Proses spin off UUS BNI syariah menjadi BUS membutuhkan waktu yang cukup panjang, berbeda dengan BUS lain yang memiliki proses konversi yang lebih cepat izinnya. Dengan beroperasinya BNI syariah sebagai BUS diharapkan dapat mendorong bank syariah mencapai target aset moderat BI sebesar Rp97 trilyun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar