Rabu, 28 Juli 2010

PROGRES TAZKIA DOMINASI TEMILREG JABODETABEK

Minggu 18 juli, ruangan Ibnu Khaldun STEI Tazkia menjadi saksi kemenangan mutlak dari KSEI Progres sebagai wakil delegasi STEI Tazkia dalam temu ilmiah regional (TEMILREG) Jabodetabek. Dari dua event yang dilombakan yaitu Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) dan Olimpiade Ekonomi Islam, Tazkia menjadi yang pertama dikeduanya. Juara olimpiade yaitu tim Tazkia 1 sedangkan juara LKTEI yaitu Hilman Fauzi Nugraha.

Dalam LKTEI, dua delegasi Tazkia mampu menembus tiga besar. Mereka adalah Hilman Fauzi Nugraha dan Siti Fatimah Azzahra. Hilman kemudian menjadi juara pertama, dan Siti Fatimah Azzahra menjadi juara ketiga. Adapun juara kedua LKTI diraih oleh Puspa Rini perwakilan dari UI.

Pada pertandingan olimpiade, perjalanan pertandingan berlangsung seru dan menggambarkan persaingan yang ketat. Dari tiga tim delegasi olimpiade yang dikirimkan Tazkia, dua tim mampu menembus semifinal. Secara keseluruhan terdapat 8 tim yang lolos ke putaran semifinal olimpiade, yaitu Tazkia 1, Tazkia 2, SEBI 1, SEBI 2, UI 1, UI 2, UIN dan IPB.

Setelah pertandingan semifinal olimpiade selesai, terpilihlah 4 finalis olimpiade TEMILREG Jabodetabek ini. Mereka yang lolos ke final olimpiade adalah Tazkia 1, IPB, dan dua tim dari UI. Tim Tazkia 1 lolos dengan nilai meyakinkan sebesar 3.100, jauh meninggalkan rivalnya yang hanya mampu mengumpulkan nilai di kisaran 1.600-2.000. Adapun tim Tazkia 2 gugur dalam pertandingan semifinal. Namun pencapaian ke semifinal bukanlah prestasi yang mengecewakan bagi tim Tazkia 2, karena mereka adalah angkatan pertama (matrikulasi). Diharapkan mereka dapat mencapai prestasi yang lebih pada event-event berikutnya.

Setelah pertandingan yang sengit dan menegangkan, akhirnya didapatlah pemenang dalam olimpiade ini. Juara 3 diraih oleh delegasi UI, juara 2 dari IPB dan juara pertama tim Tazkia 1. Tim Tazkia 1 terdiri dari 3 orang angkatan 8 yaitu Kuni Afifah, Siti Fatimah Azzahra, dan Fiqih Afriadi.

TEMILREG Jabodetabek 2010 sendiri merupakan TEMILREG pertama yang diadakan dii regional Jabodetabek. Adapun yang mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah adalah UIN dan Tazkia. UIN menjadi tuan rumah seminar pelajar pada tanggal 17 juli 2010. Sedangkan Tazkia menjadi tuan rumah seminar mahasiswa, semifinal olimpiade dan final LKTI pada 18 juli 2010.

Seminar pelajar diisi oleh Bapak Adiwarman Azwar Karim (tokoh ekonomi Islam), Ali Sakti (peneliti junior BI), serta dipandu oleh salah seorang mahasiswa STEI Tazkia (Hilman Fauzi). Sedangkan seminar mahasiswa disampaikan oleh Bapak Ariawan Amin (ketua ASBISINDO) dan Bapak Iman Sugema (pakar ekonomi). Ada tiga orang yang menjadi juri dalam gelaran TEMILREG ini. Pertama yaitu Bapak Ascarya (peneliti BI), kemudian Bapak Yulizar D. Sanrego (ketua LPPM Tazkia), dan terahir adalah Bapak Irfan Syauqi Beik (ketua prodi ekonomi syariah IPB).

Adapun tim olimpiade Tazkia sudah mempersiapkan menghadapi TEMILREG jauh- jauh hari. Jika TEMILREG diadakan bulan Juli, maka persiapan sudah dimulai sejak bulan Mei. Akhirnya perjuangan itu tidak sia-sia karena dibayar dengan menjadi yang terbaik di regional Jabodetabek, khususnya pada TEMILREG 2010 ini. Selamat untuk delegasi Tazkia, tetap semangat dan teruskan belajar dan perjuanganya!!

1 komentar:

  1. congrats buat progres..
    semoga bisa terus berprestasi dan
    bermanfaat bagi ummat..><

    BalasHapus