Kamis, 19 Mei 2011

Aksi Simpatik “Indonesia Optimis tanpa Riba”

Tanggal 13 Mei diperingati sebagai hari tanpa riba. Jum’at, 13 Mei 2011 kemarin adanya pelaksanaan aksi simpatik “Indonesia Optimis tanpa Riba” yang juga dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun Forum Silahturami Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) yang ke-11. Aksi ini dilaksanakan di Bundaran-HI, dengan perjalanan yang dimulai dari Monas menuju Bundaran-HI dan dilengkapi pula dengan atribut-atribut bertuliskan tentang pelarangan riba. Aksi ini juga dimeriahkan oleh 5 kampus berbasis ekonomi islam se-Jabodetabek yang tergabung dalam FoSSEI.

Sekitar pukul 14.00, massa dari KSEI progres yang berkumpul di Istiqlal berjalan menuju Monas untuk menemui massa dari kampus UIN dan STEI SEBI. Aksi dimulai dengan beberapa sambutan, salah satunya dari PresNas 1, Imam Punarko. Massa mulai tersebar untuk menyebarkan beberapa tulisan mengenai pengertian riba secara umum beserta dalil pelarangannya dan stiker yang bertuliskan ‘Indonesia Optimis tanpa Riba’.
Acara inti pada aksi ini adalah, PresNas 1 mempimpin pembacaan himbauan terhadap larangan riba secara bersama-sama yang kemudian diikuti oleh massa yang tergabung, terlebih himbauan terhadap pemerintah untuk meninggalkan lingkaran pinjaman berbasis bunga melalui pinjaman luar negeri, obligasi dan SBI yang telah menguras APBN bangsa Indonesia.
Aksi ini diakhiri dengan penampilan satu teater seni tentang bahaya akibat riba, yang menggambarkan seseorang yang terjerat lingkaran pinjaman berbasis bunga. Teater seni ini ditampilkan dari IsEF-SEBI, KSEI dari kampus STEI SEBI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar