Senin, 24 Oktober 2011

[ECONOMICS CONTESTS UPDATE]



1.     BEE (BE Entrepreneur)   by  BEM FMIPA UI
Deadline : 18 Desember 2011
Sebuah event yang diselenggarakan oleh Departemen Wirausaha BEM FMIPA UI. Event yang bertemakan "Social Entrepreneurship" ini Terdiri dari 2 rangkaian acara, Lomba Proposal Ide Bisnis dan Entrepreneurship Seminar
Kategori :
a.      Pendidikan
b.      Kesehatan
c.       Industri Kreatif
d.      Agribisnis
e.      Kuliner
f.        Jasa
g.      Fashion




2.     Call for Paper  :: Forum Riset Perbankan Syariah IV Universitas Padjajaran, Bandung
Deadline : 12 November 2011
TEMA : “Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Industri Perbankan Syariah Nasional Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”
SUB TEMA :
1.    Inovasi produk perbankan syariah dalam rangka meningkatkan size dan daya saing serta memenuhi kebutuhan masyarakat luas, seperti isu:
-      Produk pembiayaan yang menyasar sektor ekonomi diluar perdagangan dan jasa;
-      Strategi mendorong peningkatan produk berbasis bagi-hasil (mudharabah & musyarakah);
2.    Harmonisasi kebutuhan SDM industri perbankan syariah dan penyediaannya oleh sektor pendidikan formal nasional, dalam rangka merespon beberapaisu seperti;
-      Merespon kelangkaan sarjana (S1) yang memahami keahlian teknis dan pengetahuan kesyariahan sesuai dengan kebutuhan industri perbankan syariah;
-      Merespon kelangkaan sarjana yang memahami keuangan mikro syariah;
-      Langkanya SDM BPRS (lembaga keuangan mikro syariah); dan lain-lain
3.    Strategi sosialisasi, promosi dan marketing perbankan syariah yang optimal khususnya di luar Jawa, seperti isu;
-      Mendorong pemerintah daerah dalam mendorong bank syariah di  daerah melalui program-program lokal atau pembukaan BPRS;
-      Strategi edukasi komunitas-komunitas potensial daerah untuk bertransaksi dengan bank syariah; dan lain-lain.
4.    Pengaturan kelembagaan bank syariah asing dan SDM asing dalam rangka menyambut liberalisasi sektor perbankan pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), seperti isu:
-      Pengaturan bank asing atau bank yang dimiliki asing dalam rangka optimalisasi kontribusi industri perbankan syariah terhadap perekonomian nasional;
-      Pengaturan SDM asing yang masuk dalam industri perbankan syariah; dan lain-lain




3.     Call for Paper :: SEC 2011 (Seminar & Economic Conference 2011)  by  BEM KEMA FE UNPAD
Deadline : 13 November 2011
TEMA : “Penerapan Green economy sebagai Pembangunan Berkelanjutan untuk Keberlangsungan Kehidupan Dunia”
SUB-TEMA :
1. Implementasi instrumen ekonomi yang mengutamakan kondisi lingkungan
2. Meningkatkan performa ekonomi dengan Eco-Industrial Park
3. Pengembangan ekonomi industri ramah lingkungan




4.     Sharia Economics Essay Competition :: Season 7  by SES-C FEM IPB
Deadline : 6 November 2011
Sharia Economics Essay Competition (SECC) adalah lomba menulis essay bertemakan Syariah. Essay ditulis secara individu dengan memilih salah satu tema berikut ini :
1.   Ekonomi Islam, Antara Teori dan Fakta yang Terjadi di Indonesia
2.   Perkembangan Aset Syariah Pasca Krisis Gobal




5.     Sharia Economics Business Competition :: Season 7  by SES-C FEM IPB
Deadline : 6 November 2011
Sharia Economics Business Competition (SEBC) adalah lomba membuat proposal Business Plan yang sesuai dengan Syariah, yang mencakup dari segi produk, strategi bisnis, manajemen, dan sebagainya. Bentuk rencana usaha termasuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bisa berupa produk maupun jasa.




6.      Essay Fiesta National 2011 by AcSes FEB UNAIR
Deadline : 21 November 2011
TEMA : “Inovasi produk syariah dalam Upaya Pengembangan sektor riil”
Lomba ini merupakan ajang kompetisi yang mengasah kemampuan menulis mahasiswa dan pemikiran – pemikirannya di berbagai bidang (ekonomi, regulasi, budaya,dll) dalam penciptaan sebuah produk/gagasan/konsep solutif yang tidak bertentangan dengan aturan syariah sebagai upaya pengembangan sektor riil  dan dituangkan dalam bentuk essay.




7.        Lomba Analisis Investasi Bursa Saham by Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Deadline : 15 Desember 2011
Saham yang dapat dipilih antara lain : AALI, ADRO, BBCA, BBRI, BMRI, BRAU, LSIP, PTBA, dan SGRO.
Lomba Analisis Investasi Bursa Saham diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, deadline 15 Desember 2011, Total Hadiah Rp 15 Juta + Sertifikat Penghargaan dari Bursa Efek Indonesia, Satu tim delegasi terdiri dari 3 orang mahasiswa D3/S1 yang berasal dari universitas yang sama (diperkenankan lintas fakultas dan jurusan). Analisis Investasi Bursa Saham - The 11th Indonesia Capital Market Student Studies (ICMSS) - Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
APA ITU NATIONAL CONFERENCE THE 11TH ICMSS?
Konferensi ini merupakan forum nasional dimana setiap delegasi yang merupakan perwakilan dari universitas di seluruh Indonesia disajikan berbagai fakta dan kasus mengenai pasar modal dan investasi untuk didiskusikan. Para delegasi juga akan bersaing untuk menjadi delegasi terbaik dalam keseluruhan rangkaian National Conference ICMSS dan berkesempatan mendapatkan total hadiah belasan juta rupiah. 



Deadline : 18 November 2011
One of the key successes for a company is in their marketing strategy. Many companies now could be a multinational company because they have a good marketer. This proves how important marketing technique for the advancement of the company. Therefore, Prasetiya Mulya Business School as one of the best business schools wants to take part in encouraging young people to begin to learn early on that a good marketing technique. Therefore, our Personal Development Division of Student Board will hold an event in the form of competition called the "Marketing Plan Competition". The event was packed in the form of competition and also there will be a seminar and company visit. MPC is the first external competition events to be held by Student Board S1 Business School and it involve a multinational company as the case contributor.
KRITERIA PENULISAN 
Setiap tim wajib mengumpulkan 1 (satu) karya ilmiah berisikan marketing plan. Produk yang menjadi materi lomba akan diberitahukan pada Hari H perlombaan. 

Tanpa membatasi kreativitas peserta, marketing plan yang diajukan harus mencakup:
Executive Summary 
Merupakan penjelasan singkat mengenai marketing plan yang diajukan secara garis besar. Mencakup poin-poin penting seperti tujuan marketing plan tersebut, dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.
Marketing Objective 
Menjelaskan tujuan marketing plan (bukan tujuan garis besar) yang ingin dicapai secara detil melalui jasa atau barang yang diajukan.
Analysis
Market Analysis 
Mencakup analisis komprehensif mengenai target pasar berdasarkan informasi yang valid. Teknik analisis yang digunakan tidak dibatasi.
Competitive Analysis 
Mencakup analisis mengenai kompetitor di industri yang sama.
SWOT Analysis 
Mencakup analisis SWOT mengenai marketing plan yang diajukan.
Produk dan Target Market 
Menjelaskan secara detil produk, baik barang atau jasa, yang diajukan oleh peserta dan target pasar yang ingin diraih untuk produk tersebut.
Marketing Strategy 
Mencakup strategi marketing yang akan diambil oleh tim peserta agar marketing plan yang diajukan dapat berhasil. Strategi tersebut dipaparkan secara sistematis dan dijelaskan secara komperehensif.
Budgeting 
Menjelaskan secara umum budgeting yang dibutuhkan agar marketing plan yang diajukan dapat berjalan.


D’abc 2012: Challenge Your Excellence aims to broaden students’ accounting comprehension, sharpen their analytical skill in problem solving, as well as foster good interrelationship among various high school and university students—not only to enrich their academic experiences, but also to build their competitive and champion mentality. This time, D’abc 2012: Challenge Your Excellence will be held on February, 17 until February, 18; taking place at Bina Nusantara International University, The Joseph Wibowo Center (JWC)


Deadline : 10 November
A. Tema : "Kerusakan Nyata, Kesejahteraan Fana : Korupsi Sumber Daya Alam Manusia"
B. Subtema :
Pembaharuan regulasi dan kelembagaan sebagai strategi pemberatasan korupsi sumber daya alam.
Inovasi pemberdayaan sosial dalam pengelolaan lingkungan hidup
Optimalisasi dana CSR untuk kesejahteraan rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar