Kamis, 24 November 2011

STUDI BANDING KSEI SCIEmics UPI & KSEI PROGRES TAZKIA





            Pada tanggal 19 November kemarin KSEI SCIEmics (Study Community of Islamic Economics) datang berkunjung ke STEI Tazkia untuk melakukan studi banding dengan KSEI Progres. Walaupun acaranya sempat ngaret beberapa jam, namun itu semua gak sebanding dengan ilmu yang kami dapatkan selama acara. Dan Alhamdulliah acaranya berjalan lancar dan sukses.. ^^







            Acara yang dipandu oleh Munjil Anam ini dimulai pada ba’da Ashar. Acara dimulai dengan pembacaan tilawah oleh Baldad Muhammad Syarifati. Lalu acara berlanjut ke sambutan. Sambutan pertama dari Arif Dwi Putra Nugraha selaku Ketua Pelaksana. Dilanjutkan sambutan dari Ketua Progres Tazkia, Reza Muhammad. Lalu sambutan berikutnya dari Tazkia yang diwakilkan oleh Bapak Yulizar Sanrego. Sambutan berikutnya yaitu dari Ketua KSEI SCIEmics, Aris Rizal Gozali.



            Acara dilanjutkan dengan presentasi setiap divisi Progres. Diawali dengan Visi dan Misi, Struktur Organisasi, dan Divisi-divisi yang bernaung dibawahnya, seperti Kastrat (Kajian Strategis), R n D (Research and Development), P n P (Pers and Publication), Kaderisasi, Deplu (Departemen Luar Negeri) dan Wirus (Wirausaha). Ketua dari setiap divisi maju ke depan ruangan untuk mengenalkan pengurus setiap divisi, tujuan, visi, dan misi divisi tersebut.
Struktur organisasi Progres terdiri dari
Ketua              : Reza Muhammad (yang bersinergi langsung dengan NEON (Nabawi Event Organizer) oleh Ahlis Fatoni))
Wakil Ketua    : Alfian Irwan Adiguna
Sekretaris        : Baiq Rosmala Dewi
Bendahara       : Irma Juanita
KaDiv        : Muhammad Idris (R n D), Melvina Syahnum Lubis (Kaderisasi), Chandika PrawirawanHerlambang (P n P), Yusep Supriatna (Wirus), Umar Azka (DepLu), dan Sefri Primadani (Kastrat)
Anggota Divisi
Research & Development        : Saiful Fahmi, Rahmi Edriyanti, Deviana Yuni Wulandari
Kaderisasi                               : Sidik Bahari, Desy Ayu Winasis, Akbar
Pers & Publikasi                      : RialitaSukmapriha, Ahmad Yasir, Firda Amanda
Wirausaha                               : Asri Prihastuti, Masitoh Lubis, Pandu Abdi Esa
Departemen Luar Negeri          : Poppy Ragaswati, Ria Budiati
Kajian Strategis                       : Zukranul Fahmi, Muhammad Syahron, Widya Astuti, Roipah

            Kajian Strategis atau yang biasa disebut Kastrat, bertujuan untuk menyusun materi kajian yang akan diberikan pada saat kajian mingguan. Divisi yang dikepalai oleh Sefri Primadani ini dibagi menjadi dua, yaitu Kajian Basic dan Kajian Intermediate. Kajian Basic diperuntukkan bagi mahasiswa matrikulasi, membahas tentang dasar-dasar ekonomi islam, fiqih muamalah, perbankan syariah, asuransi, dll. Biasanya dilaksanakan di Asrama STEI Tazkia, Dramaga pada hari Selasa atau Rabu jam 8 malam. Sedangkan Kajian Intermediate diperuntukkan bagi anggota KSEI, dan biasanya dalam bentuk kajian dengan narasumber yang ahli di bidangnya, diskusi terbuka, pro kontra, dll. Kajian ini dilaksanakan pada hari kamis jam 4 sore. Selain itu ada juga Asah Kajian, yaitu berupa bentuk evaluasi seperti LCT, dll.
            Research & Development atau yang biasa disebut R n D, bertugas untuk melakukan riset terhadap ekonomi syariah, bersifat ilmah, dan bergerak dengan prinsip muamalah. Divisi yang dikepalai oleh Muhammad Idris ini mempunyai program kerja, yaitu Pojok Fiqih dan Goses (Gosip Seputar Ekonomi Syariah). Kajian Pojok Fiqih ini membahas tentang ekonomi islam dan memecahkan berbagai persoalan ekonomi islam dari berbagai madzhab dan kitab kuning. Biasanya kajian dilaksanakan pada hari rabu sore. Goses yaitu Gosip Seputar Ekonomi Syariah, menyajikan profil ahli akonomi syariah Indonesia, dilaksanakan sebelum Kajian Mingguan dimulai.
            Pers & Publikasi atau yang biasanya disebut P n P ini bertugas mensyiarkan Progres dari dunia nyata dan dunia fana, yaitu melalui mading, buletin, Facebook, Blog, dan Twitter. Semua berita kajian akan disebar melalui sms ke semua mahasiswa, Facebook, Twitter, dan Blog. Materi kajian dan berbagai acara yang telah dilaksanakan Progres akan di-publish­ juga di berbagai media tersebut.
            Divisi yang dikepalai oleh Melvina Syahnum Lubis, Kaderisasi, bertugas mengenal anak-anak magang, merajut teamwork, dan silaturrahmi. Untuk merekrut anggota baru maka dilakukanlah magang selama 2 bulan. Selain itu ada juga LBT (Leadership Basic Training), Open Recruitment, dan Interview. Untuk merajut silaturrahmi, hal lainnya yang dilakukan oleh Kaderisasi adalah dengan melaksanakan SIMOKA, Family Gathering, Publikasi Absensi, Rapor Pengurus dan Divisi, Pemberian Penghargaan, Publikasi Milad, Pembentukan Tim LKTEI, LCTEI, dan debat.
            Divisi DepLu atau Departemen Luar Negeri bertugas sebagai Information Mediator anatar Progres dengan luar kampus. Divisi yang diketuai oleh Umar Azka ini melakukan berbagai kegiatan, seperti Adventure Edu-Trip, Studi Banding, Duta Progres, Progres Goes to School, dan Sidak Pasar.
            Divisi Wirausaha atau ang biasa disebut Wirus ini diketuai oleh Yusep Supriatna. Divisi ini bertugas melaksanakan BMT, Bazar, Identity Card, dan memproduksi kebutuuhan-kebutuhan sekunder Progres.
            NEON atau kepanjangan dari Nabawi Event Organizer, yaitu bertugas melakukan berbagai acara. Salah satunya acara yang rutin dilakukan setiap tahun oleh Progres, yaitu DINAR (Days of Islamic Economic Revival).

            Setelah pengenalan tentang Progres, dilanjutkan dengan pengenalan KSEI SCIEmics. Pengenalan KSEI yang berumur 1,5 tahun ini diawali dengan visi dan misi, lalu pengenalan setiap departemen yang bernaung dibawahnya, seperti HRD (Human Resource and Development), Public Relation, Science and Academic dan Business Syariah.
KSEI                           : Kekeluargaan, Sosial, Empati, dan Islami
HRD                           : Ibu SCIEmics
Public Relation            : Sayap SCIEmics
Science & Academic   : Jantung SCIEmics
Business Syariah         : Pedang & Tameng SCIEmics
            Human Resource & Development atau yang biasa disebut HRD bertugas melakukan Perekrutan, Pengkaderan, dan Pembinaan. Kegiatan dalam Perekrutan yaitu PMB, MOKA, dan Open Recruitmen. Dalam Pembinaan dilakukan Upgrading, Rihlah, Small Group Discussion, Soft Skill, dan Ta’lim. Semua kegiatan tersebut dilakukan untuk merekrut dan melahirkan kader-kader ekonom rabbani, membantu pengembangan diri menjadi ekonom rabbani, dan melatih sikap kepemimpinan dan keorganisasian.
            Divisi selanjutnya yaitu Public Relation. Tugas dari divisi ini yaitu sebagai networking. Divisi ini menyambungkan SCIEmics melalui Internal dan Eksternal. Internal yaitu melalui fakultas dan rektorat. Eksternal melalui FoSSEI (kajian regional) dan Institusi Syariah (LP2ES, LPES, ASBISINDO). Divisi ini juga melakukan berbagai kegiatan lainnya, yaitu Pasar Islam 2 bulan sekali, Buletin sebulan sekali, dan kunjungan ke IBS (Micro Bank), Tazkia, ISEF, dll.
            Divisi Science & Academic lebih kepada berupa kajian-kajian rutin. Kegiatan-kegiatannya antara lain Kajian Intensif Ekonomi  Syariah 2X seminggu, Mentoring SES 2X seminggu, Kajian Intensif Akbar Ekonmi Syariah (semua kalangan, mahasiswa, dosen, umum. Kajian ASBISINDO & MES 2 bulan sekali), Kajian Intensif Temu Ilmiah Nasional, dan Kajian Intensif Temu Ilmiah Regional. Divisi ini bertujuan untuk mengenalkan ilmu ekonomi islam kepada semua kalangan, mengkaji dan terus belajar, dan mencetak ekonom rabbani yang kaya akan ilmu dan pengetahuan.
            Divisi yang terakhir yaitu Business Syariah. Divisi ini bertugas membuat wirausaha mandiri & lembaga keuangan mikro berbasis syariah, mengelola lembaga BMT Masjid Al Furqon, menjalin kerjasama dengan pihak yang menunjang dengan program kerja, dan melaksanakan workshop tentang “Enterpreneur Muslim”.



            Ba’da Maghrib, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sharing. Pertanyaan-pertanyaannya meliputi bagaimana cara mengoptimalisasi SDM ketika sedang jenuh, bagaimana cara mengatur antara kajian dan acara, apa indikator keberhasilan suatu organisasi, bagaimana cara memilih kurikulum, bagaimana kiat-kiat KSEI SCIEmics dalam mendalami ekonomi islam di kampus UPI yang notabenenya kampus umum, bagaimana cara mengatur perekrutan, kepengurusan, dan kinerja mereka.



            Acara pun berlanjut ke acara Penandatanganan Memorandum of Understanding antara KSEI SCIEmics UPI dan KSEI Progres Tazkia dan juga penyerahan plakat. Selamaaat atas MoU-nyaaa... ^^
Videonya ada di bawah inii...




            Acara pun diakhiri dengan doa bersama. Semoga ilmu dan pengalaman yang kami dapat berkah dan berguna. Semoga ini bisa menjadi tambahan amal untuk kita nanti. Amin. ^^





            Lalu dilanjutkan dengan sesi foto-foto untuk kenang-kenangan.. terima kasih untuk kedatangannya yaa KSEI SCIEmics.. ^^





            Studi banding ini merupakan sesuatu yang appreciate, tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk mencari ilmu. Dan ilmu yang kita pelajari ini adalah ilmu ekonomi islam, ilmu yang membawa agama Allah, yang insyaallah ilmunya berkah dan menjadi amal di sisi Allah SWT..
Semoga ukhuwah ini tetap terjalin dengan baik.. ^_____^




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar