Minggu, 11 Desember 2011

Runtuhnya Kapitalisme AS


setelah Progress mengadakan LBT, pada tanggal 8 Desember 2011, KSEI Progress mengadakan kajian mingguan rutin yang bertemakan “Runtuhnya kapitalisme AS” yang dibawakan dengan apik oleh Rizal Razib Abdillah, seorang mahasiswa STEI TAZKIA.
Apa itu kapitalisme?
Kapitalisme atau Kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untung kepentingan-kepentingan pribadi. 



Kapitalisme yang selama ini diagung-agungkan oleh para ekonom barat telah memperlihatkan runtuhnya dengan berbagai macam masalah yang telah terjadi, seperti kebangkrutan Lehman Brothers yang menyebabkan 1500 orang mengalami PHK, kemudian Marril Lynch diakuisisi oleh Bank of America, begitu pula adanya guncangan hebat yang mnerpa Wall Street yang mengharuskan untuk bail out senilai US$700 M. Masih ada beberapa contoh-contoh keruntuhan kapitalisme di AS.


Islam bukan menentang kapitalisme, karena sesungguhnya tidak semua prinsip yang ada dalam kapitalisme buruk. Islam memperbolehkan kapitalisme ke arah yang produktif dengan tuntunan syar’i, tapi kenyataannya kapitalisme dewasa ini lebih mementingkan pihak tertentu saja. Sebagai muslim yang baik, tentunya adanya kewajiban membayar buruh dengan bayaran yang layak. Tidak hanya itu, dengan membayar zakat, tidak akan ada daya beli yang rendah karena masyarakat dapat membeli kebutuhannya, begitu juga dengan perusahaan, tidak berkurang labanya karena masyarakat memiliki daya beli. Maka itu, jangan meremehkan distribusi zakat di Indonesia!!


Ekonom Robbani : Bisa!!!
Progress : Ceria!!
Kajian Progres "Kruntuhan Kapitalisme AS" [08122011]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar