Sabtu, 31 Maret 2012

Dinar Dirham





Fiat money yang dipakai saat ini hanyalah uang yang dilegalkan oleh pemerintah. Sekarang yang tidak didekritkan suatu negara bukanlah merupakan sebuah uang. Mengapa banyak yang mengatakan hanya dinar yang pantas menjadi mata uang??? Ternyata banyak misunderstanding terhadap dinar itu sendiri. Pada kajian kali ini, tanggal 29 Maret 2012 sekelumit tentang hal itu akan dibahas oleh Pak Aam S. Rusydiana.
Misunderstanding on Dinar yang sering dibicarakan ialah
1.   1.  Dinar adalah Mata Uang Islam
Salah! Dinar dan Dirham bukanlah mata uang Islam. Kepingan emas telah digunakan sebagai alat transaksi pada 4000 SM di Spanyol dan 3000 SM di Mesir Kuno.
Dalam bentuk koin pada zaman Raja Lydia (Turki) 700 SM.
Pada masa Rasulullah SAW ditetapkan berat dinar setara dengan emas 22 karat (4, 25 gram dengan diameter 23 mm)
2.   2. Harga Dinar naik terus dan anda tidak akan rugi
Dari tahun 1980-2001 harga emas memiliki penurunan terus menerus. Baru setelah itu naik lagi. Tentunya melihat harga emas yang menurun bisa dikatakan anda akan rugi jika melakukan transaksi jual dan beli. Pada bulan triwulan ketuiga tahun 2008 juga mengalami penurunan secara drastis.
3.  3.  Dinar anti Inflasi
Benarkah ??
Ketika dinar dijadikan mata uang, sesungguhnya dia hanya akan membuka kembali inflasi dari pintu yang lain. Misalnya kalo supply nya bermasalah bisa menyebabkan inflasi tidak bisa tertutupi ppenggunaan dinar. Penciptaan uang saja yang bisa dijadikan anti inflasi jika pakai dinar. Banyak penyebab inflasi, jadi dinar bisa juga menyebabkan inflasi.
4. 4   Dinar bebas spekulasi
Sekarang ada berkebun emas, yang naiknya terus-terusan. Seperti graining profit. Kebun emas itu sebagai bukti emas bisa dispekulasikan. Manfaatkan dari harga emas yang naik.
5.  5  Stock Concept vs Flow Concept
Beli emas untuk disimpan sama saja menimbun harta yang dilarang Islam.
6.  6  Dinar vs Real Business
Pake emas lambat kalo buat investasi mendingan usaha saja.
Asuransi à 6 %, deposito à 10%, dinar à 20-30%, tanah à 25%, bagaimana dengan real business???



Generasi Dinar dan Dirham baru mulai.....
Malaysia dengan PM (Malaysia, Brunei, dan Irak) pada saat Mahatir Muhammad melakukan transaksi internasional dengan dinar.
Kesimpulan yang dapat diambil ialah hukum jika anda mencintai sesuatu jangan sampe 100%. Akui kelemahan dan lakukan perbaikan. Sampaikan yang benar dan berikan argumentasi, jangan berlebihan. Sampaikan saja faktanya. Terapkan dalam masalah dinar dan dirham itu sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar