Selasa, 27 Maret 2012

PROGRES TAZKIA GOES TO MARIO TEGUH GOLDEN WAYS, Grand Studio METRO TV, Jakarta



Pada tanggal 18 Maret 2012 Progres & STEI Tazkia mendapat undangan sebagai audiensi di Grand Studio Metro TV, Jakarta untuk mengikuti Tapping dan Live acara Mario Teguh Golden Ways. Rombongan datang dengan menggunakan Bis pada jam 12.00 siang karena tapping akan dimulai ba'da zuhur.





MENANTU & MERTUA (TAPPING)
Pada tanggal 18 Maret 2012, keluarga Besar Progres berkesempatan menghadiri undangan dari Mario Teguh Golden Ways. Seperti kajian rutin Progres tiap hari Kamis, kali ini dengan peembicara yang sungguh-sungguh super, Bapak Mario Teguh. Tiga sesi yang berlangsung, 2 sesi tapping dan satu sesi live. Sungguh pengalaman yang sangat membanggakan bagi keluarga Progres dapat datang ke studio Metro TV. Judul sesi tapping satu ialah “Menantu dan Mertua”, berikut adalah quote-quote dan pertanyan-pertanyaan yang diajukan saat acara berlangsung.
 “Pribadi yang disetujui adalah yang dilihatnya hari itu, jadikan diri anda sebagai penduga kecemerlangan masa depan.”
Kelamnya masa lalumu, masa depanmu suci. Jangan jadikan masa lalu sebagai prediksi masa depan. Tentukan pilihan. “This is my life. I make my day.”
Menyikapi orang tua yang selalu bilang NO?? lihat diri kita, koreksi diri kita. Periksa cara kita yang digunakan untuk memberikan pendapat, saran, dll. “Orang bodoh yang diam lebih baik daripada orang pintar yang selalu mengeluh.”
v  Bagaimana meraih simpati dari orang tua yang galak?
1.      Besarkan mata à pupil yang membesar merupakan indikasi bahwa seseorang itu tertarik terhadap lawan bicaranya.
2.      Senyum yang happy.
3.      Suara yang tinggi
4.      Tangan terbuka.

v  Bagaimana kalau calon mertua kita itu ngeyel? Ga mau diambil hatinya??
Ketidaksesuaian persepsi orang tua dengan anak. Orang tua berpikir “anak tidak pernah dewasa”, sedangkan anak berpikir “orang tua yang kuno”. Jika orang tua menyuruh sesuatu, maka ikutilah jangan membantah, lindungi perasaan mulianya, tetapi lakukan yang terbaik menurut kita.

“Orang yang bosan dengan dirinya, berhenti bergerak menjadikan orang itu tenggelam. Actively doing nothing.”
v  Bagaimana dalam usia pernikahan yang masih baru bisa saling support??
Cinta yang baru seharusnya mengabaikan sesuatu yang ga perlu. Singkirkanlah masalah. “Love is not only crazy but is shameless.”
Untuk apa kita menua bersamanya dengan orang tidak kita inginkan? Berbahagialah bersamanya. Tuhan membuat kita melihat apa yang tidak dilihat oleh orang lain, maka terimalah pasangan apa adanya.

‘Two captain in one boat” memang susah untuk akur. Jatuh cinta memang tidak bayar, tapi follow up cinta itu ga murah, jadi siapkan diri kita untuk mandiri. Karena pada dasarnya manusia tidak suka diperbandingkan. Life is continued. Seorang ibu melindungi kepentingan anaknya, maka seorang menantu haruslah bisa memastikan anaknya aman bersama kita.
“Cara termudah menghibur orang tua adalah duduk dan dengarkan cerita dia walaupun anda sudah mendengar cerita itu berulang kali.”
Kesimpulan :
Kebanyakan orang menghindari masalah, padahal masalah adalah rahmat yang belum diketahui manfaatnya. Kelemahan adalah kekuatan yang belum diketahui kegunaannya.
Orang tidak bisa melihat maksud Tuhan kecuali dengan orang-orang yang berhati ikhlas. Tuhan memiliki keajaiban. Yang hebat adalah yang bisa menerima. Rendahku sekarang, lemahku sekarang itu karena aku masih muda. Setelah itu, kalian akan bangga kepadaku.




DO’IKU LOWBATT (TAPPING)
Kemudian dilanjutkan dengan sesi tapping ke dua yang berjudul “Doiku lowbat”. Banyak pertanyaan yang muncul dari keluarga besar Progres, mungkin karena judul yang diangkat sangat anak muda sekali. Berikut adalah quote-quote dan pertanyaan yang dijawab oleh Bapak Mario Teguh.
Salah satu penyebab suatu hubungan lowbat ialah kebosanan. Orang yang bosan merupakan orang yang sudah tidak tertarik dengan dirinya sendiri. Orang tidak akan pernah bosan jika dia sibuk dengan mimpi-mimpinya!!
v  Salah satu penyebab lain dari suatu hubungan yang lowbat ialah Long Distance Relationship (LDR)? Bagaimana biar hubungan LDR tidak lowbat?
      Ada empat hal penting dalam menjawab pertanyaan ini :
1.      Kalo ada yang dekat, ambil yang dekat.
2.      Kalo yang dekat saja bisa lepas kendali, apalagi yang jauh.
3.      Love is always suspicious. Cinta itu selalu curiga dan itu bukti bahwa cinta memang harus memiliki.
4.      Kekasih yang jauh akan tergantikan dengan yang dekat.

Seseorang yang mengalami kesulitan haruslah tau kelemahannya, karena dia harus keluar dari sana. Menggunakan enegi dan tenaga anda untuk hal-hal yang tidak penting, ada empat hal yang biasanya dilakukan orang-orang :
1.      Mengurusi hal yang bukan urusannya
2.      Menyepelekan yang dekat
3.      Meragukan yang seharusnya diyakini
4.      Menghujat yang tidak perlu

Ada dua hukum Tuhan yang berlaku dalam pasangan hidup. “Wanita yang baik untuk laki-laki yang baik pula” dan jika seorang yang baik tidak mendapat yang baik, berlaku hukum ke dua “Apabila engkau meminta, Tuhan memberi”.
Jodoh memang dipilihkan Tuhan yang sesuai dengan kita pada saat itu. Kalo anda menghebatkan diri anda pasti anda akan mendapat yang hebat.
Lowbat?? Katakana one two three bye!!
Bosan?? Kalo saling memelihara ketertarikan pasti tidak akan bosan walaupun bertahu-tahun lamanya.
v  Bagaimana menyemangati pasangan yang suka mengeluh??
Masalah kantor itu di kantor, masalah rumah di rumah, jadi pisahkan. Suami menikahi istrinya untuk saling menjadi penenang masing-masing.
Anggun adalah orang yang mengabaikan urusan yang kecil karena memiliki tujuan yang besar. Biarkan orang mau ngomong apa, tapi buktikan kepada dirinya akan jadi apa kita.
Stand up, get up, do something!! Lakukan sesuatu yang berguna!! Kalau anda memperlambat diri anada, bagaimana Allah akan memberikan kesempatan urusan yang besar??!!
Orang banyak frustasi karena menyandarkan tangga impiannya di langit. Sandarkan pada hal yang nyata dan yang passti. Anda tidak bisa menaiki tangga dengan posisi merayap, harus tegak, dan jangan terlalu terobsesi dengan penampilan. Karena kalau saudah berada si puncak, tidak bisa bergerak ke mana-mana, jika sudah sampai di puncak, lebarkan manfaat untuk orang lain.
“Keinginan adalah rahmat dari Tuhan yang tidak bisa dikarang. Yang menderita adalah orang yang memiliki keinginan tapi tidak bertindak.”
Kesimpulan :
Kebahagiaan daatang karena ikhlas melakukan sesuatu yang kecil, yang anda lakukan sendiri. Kebahagiaan merupakan hasil dari kekuatan.. kalo hatinya kuat passti bahagia, jika miskin dihina dia akan bisa menjawab “yang membuat aku bahagia adalah Tuhan”. Tidak ada kebahagiaan dalam kelemahan.
“Putuskan sesuatu!! Lebih baik salah dengan suara yang keras daripada benar tapi tidak terdengar!!”


SUCCESS IS SEXY (LIVE)
Wanita akan melupakan ketampanan dan beralaih kepada kemapanan. Seseorang bisa dilihat dari penampilannya. Pria yang sukses adalah :
1.      Sukses akhlak
2.      Suksses ekonomi
3.      Sukses social


Perempuan menjadi sexy jika dia “clean”, bersih dilihat dari penampilannya, kata-katanya, dan perilakunya.
Galau bukan penghalang untuk penggerak. Jangan berharap kaya dengan perilaku kemiskinan. Jangan takut lambat asal maju, jangan berhenti karena indikasi gagal.
v  Standar sukses tiap orang berbeda. Bagaimana menyamakan mindset sukses?
Mereka diizinkan Tuhan merendahkan kita dengan tujuan untuk memperbaiki diri, jangan marah. Hanya orang kecil yang sakit dipukul dengan orang kecil. Hanya orang bodoh yang marah dirinya diledek orang bodoh. Jika anda terhina, anda minder. So be cool!!! Jangan dengarkan orang berkata apa, uubah pandangan mereka. “Continue your life”.



Wanita cerdas ialah wanita yang bisa mencerdaskan pasangannya. Wanita hebat tugasnya membuat penghebatan bagi suaminya. Wanita berhasil ialah wanita yang bisa memberhasilkan keluarganya. Lima wanita yang penting : ibunda, istri, nenek, anak peremuan, dan saudara perempuan.
Orang bisa dilihat dari yang ditunggunya. Orang penting menunggu hal yang besar. Mengeluh adalah mengumumkan kesedihan hidup. Selama menuggu, sibuklah.
Kesimpulan :
Jadi pribadi yang baik yang membuat Tuhan jatuh cinta pada kita, karena apapun akan diberikan Tuhan. Kehidupan ini mudah tetapi menjadi pribadi yang baik merupakan hal yang berat. Jangan meminta beban yang ringan tetapi mintalah pundak yang kuat untuk menanggungnya.
















2 komentar:

  1. bagus pak mario, sayangnya gak ada live videonya yg duratinya sekitar 15 atau 30 minutes keatas....byk yg pendek pendek, kalau acaranya mario teguh dibuat pagi jam 6 atau 7 akan lbh berguyna buat masyarakat.

    idrus alwi

    BalasHapus