Rabu, 25 April 2012

STEI TAZKIA Sebagai Juara Umum TEMILNAS XI, Riau


Bismillahirrahmanirrahim
Pada tanggal 14 Maret lalu, sembilan orang mahasiswa STEI Tazkia, ditemani Ibu Rochania Ayu Yuananda selaku dosen pembimbing, berangkat menuju Pekanbaru, Riau, sebagai delegasi Olimpiade Ekonomi Islam. Tim olimpiade tersebut terdiri dari tiga tim, yang masing-masing beranggotakan tiga orang. Tim A terdiri dari Widia Astuti, Rizal Razib dan Eko Kurniadi, tim B terdiri dari Tiffany Fauzia Rizqa, Ria Budiati, dan Miftahhurrahmat, dan Tim C terdiri dari Aisha Putrina Sari, Roipah, dan Radiatun Mardiah. Olimpiade Ekonomi Islam yang diadakan oleh Forum Silaturahmi Ekonomi Islam (FOSSEI) ini merupakan sebuah agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya dan merupakan salah satu rangkaian acara dari sebuah event bernama Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS)


Foto bersama seluruh delegasi di hari kedua


Acara TEMILNAS  XI yang bertempat di UIN SUSKA Riau dan bertemakan “Indonesia  Bersama Ekonomi Islam” ini dibuka dengan nyanyian Khas Melayu dan sebuah tari persembahan untuk menyambut para tamu. Pemukulan gendang khas Riau pun menjadi tanda bahwa acara yang akan berlangsung selama tiga hari itu resmi dibuka. Pada hari pertama, yaitu pada tanggal 15 Maret 2012, sebuah konferensi Internasional digelar.  Menampilkan tiga pembicara, yaituDr. Ku'azam tuan Lonik Phd, dari Universitas Sains Malaysia, Prof Dr Muhammad Mag, Rektor STEI Yogya, serta Dr Rifki Ismail dari BI. Acara selanjutnya adalah presentasi dari para peserta yang lolos Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI). Sekitar pukul 4, para peserta olimpiade akhirnya diminta untuk segera mengikuti seleksi di kelas-kelas yang telah disediakan. Peserta diminta untuk mengerjakan soal-soal berupa pilihan ganda dan essay yang meliputi pertanyaan-pertanyaan seperti akuntansi, ekonomi, serta sejarah pemikiran ekonomi baik dari lingkup konvensional maupun Islam.
Hari kedua acara, acara dibuka dengan pemberian motivasi oleh Drs Iskandar Arnel. Sempat ada kesalahan teknis dimana tiba-tiba listrik mati sehingga acara yang harusnya diadakan di aula dipindahkan ke gedung PKM UIN Suska. Selepas ISHOMA, peserta kembali berkumpul di aula untuk mendengarkan hasil seleksi olimpiade. Dari 68 tim yang diikuti oleh sekitar 60 kampus se-indoensia yang mengikuti seleksi, hanya akan dipilih sembilan tim yang menduduki peringkat atas untuk mengikuti semifinal.  Alhamdulillah, dua dari tiga tim yang dikirim oleh STEI Tazkia berhasil lolos seleksi, meski tim yang tersisa ternyata menduduki peringkat ke 10, hanya selisih beberapa poin dengan peringkat kesembilan. Peringkat  satu penyisihan diduduki oleh SEBI, dua oleh UNSOED, tiga oleh UIN Jakarta, empat oleh STEI Tazkia tim A, lima oleh UIN Jakarta, enam oleh STEI Tazkia tim C, tujuh oleh SEBI, delapan oleh UGM, dan sembilan oleh SEBI. Sedangkan, satu tim delegasi Tazkia menduduki peringkat ke10.


Detik-detik menunggu pengumuman babak penyisihan
Setelah dilakukan pengocokan urutan tampil, pada sesi semifinal pertama, keluarlah SEBI Csebagai pemenang. Sedangkan pada sesi kedua dan ketiga, STEI Tazkia berhasil meloloskan kedua delegasinya untuk maju di babak final. Babak final merupakan sesi dimana dewan juri memberikan sebuah kasus dimana ketiga tim akan diberi pertanyaan yang berbeda terkait kasus tersebut.  Meski ketiga tim telah berdiskusi untuk memberikan jawaban terbaik, namun masih ada beberapa argumen yang dapat dipatahkan oleh Dewan Juri. Pengumuman pemenang olimpiade pun tidak langsung diumumkan hari itu juga melainkan diumumkan pada penutupan acara di keesokan hari.



Presentasi saat babak final, ki-ka : Sebi C, Tazkia A, Tazkia C
Jika pada hari pertama dan ketiga acara lebih banyak berada di dalam ruangan, pada hari ketiga acara yang telah dipersiapkan oleh panitia adalah sebuah field trip yang bertujuan ke Istana . peserta TEMILNAS pun sampai kembali di penginapan sekitar pukul 6 sore. Malamnya, pada acara terakhir, yaitu Gathering dan Parade Budaya akhirnya diumumkan lah pemenang olimpiade TEMILNAS 2012. STEI Tazkia tim  A berhasil merebut juara pertama, SEBI tim C juara kedua, dan STEI Tazkia tim C menduduki juara ketiga.


Foto bersama delegasi temilnas (ki-ka atas : Roipah, Mardiah, Tiffany, Aisha, Widia, Ria, Ibu Anda, Bapak Nurizal, ki-ka bawah : Miftahhurrahmat, Rizal, Eko)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar