Minggu, 29 Desember 2013

Lari Pagi Di Dalam Indahnya Kebersamaan Keluarga Progres


Pagi ini (29-12-2013) hawa udara di Sentul City sangat bersahabat, hembusan angin sepoi-sepoi dan jajaran awan yang rapi menambah keindahan suasana pagi hari dengan diliputi pepohonan serta danau yang memanjakan mata. Aktivitas lalu lalang kendaraan terlihat di jalan raya Tamrin Sentul City, tidak terkecuali suasana pinggiran danau dengan aktivitas lari pagi yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.


Tidak terkecuali pengurus KSEI Progres 2013, lari pagi bersama di penghujung tahun 2013. Dengan keceriaan yang tergambar di wajah mereka terbentuk suatu ikatan kekeluargaan yang semakin erat. Karena disamping memupuk kebersamaan, lari pagi ini juga memiliki banyak manfaat khususnya dari sisi kesehatan.



Manfaat Lari Pagi

Disadur dari salah satu sumber bahwa secara ilmiah para peneliti mengemukakan bahwa lari pagi dapat menjaga kesehatan tubuh kita dan menjaga kesehatan beberapa oragn penting dalam tubuh kita seperti organ jantung. Berikut informasi mengenai beberapa manfaat lari pagi bagi kesehatan .

1.Menajamkan Mata :

Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan risiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu.

2.Menjaga Kesehatan Jantung  :

Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Plus mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.

3.Mendongkrak Gairah  :

Pelari pria yang membakar sebanyak 3.000 kalori per minggu dari aktivitas berlari selama 5 jam, akan menjauhkan dirinya dari disfungsi ereksi hingga 83 persen.

4.Menguatkan Tulang  :

Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.

5. Lancar Berfikir  :

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkif dibanding yang lari hanya sesekali.

6.Terbebas dari Dimensia  :

Journal of American Geriatrics Society melaporkan, perempuan yang dari remaja sudah rajin olahraga lari, di usia senjanya jarang yang mengalami kepikunan.

7.Tidur Lebih Lelap  :

Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.

8.Jarang Terkena Flu  :
Pelari yang berlari sejam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu hingga 18 persen dibanding yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.

9.Bernafas Lebih Lega  :

Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

10.Panjang Umur  :

Sebuah pengamatan terhadap 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan, orang yang aktif berolahraga akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 50 persen.

Sisi Lain

Selepas lari pagi bersama ada kejadian menarik yang membuat keceriaan itu bertambah, ya walaupun korbannya adalah ketua KSEI Progres Ahmad Muhlisuddin. Ketika satu sisi sandal yang digunakannya jatuh ke danau, sehingga butuh perjuangan keras untuk mengambilnya kembali menuju daratan. Berikut gambar yang dapat menjelaskannya:
Usaha keras Ahmad Muhlisuddin demi sebuah sandal


Ketika Ahmad Muhlisuddin hampir putus asa


Bantuan ka Sebastian Herman demi sebuah sandal

Hingga akhirnya sandal pun kembali




Semoga dengan agenda seperti ini kebersamaan serta kekuatan ukhuwwah semakin bertambah, disamping memfokuskan diri didalam dakwah Ekonomi Islam. Selamat membaca...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar